Rabu, 24 Juli 2019

LINK EKSTERNAL

jateng

bko


epju

Ditulis oleh DISKOMINFO KAB SEMARANG    Sabtu, 15 Juni 2019 13:24    PDF Cetak Surel
FESTIVAL DESA WISATA UNTUK BERDAYAKAN MASYARAKAT

DISKOMINFO-UNGARAN : Pemkab Semarang melalui Dinas Pariwisata mengembangkan pariwisata yang mampu memberdayakan masyarakat. Yakni melalui pembinaan dan pengembangan potensi desa menjadi sebuah tujuan wisata. Masyarakat dilibatkan mengembangkan potensi lokal seperti makanan tradisional khas dan seni budaya lokal untuk menarik perhatian wisatawan berkunjung. Sehingga kehadiran para wisatawan di desa wisata itu mampu meningkatkan kesejahteraan warga. Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah Gunawan Wibisono saat membuka Festival Desa Wisata dan Jambore Kelompok Sadar Wisawa (Pokdarwis) tingkat Kabupaten Semarang di Alun-alun Bung Karno Kalirejo, Sabtu (15/6) siang.

Diakui oleh Sekda, potensi pariwisata di 21 Desa Wisata yang ada sangat besar. Untuk itu perlu dikembangkan jalinan kerja sama antar desa wisata agar bisa menjadi tujuan wisata andalan. Nantinya, lanjut Gunawan, akan dikembangkan dan dipromosikan paket wisata “one day tour” antar desa wisata. “Agar dapat lebih menarik wisatawan, paket wisata dari desa wisata ke desa wisata lain itu digabungkan dengan tujuan wisata utama seperti Candi Gedongsongo dan obyek wisata utama lainnya,” terangnya didampingi Kajari Kabupaten Semarang Raharjo Budi Kisnanto dan Kepala Dinas Pariwisata Dewi Pramuningsih.
Terpenting menurutnya, kegiatan pariwisata di desa wisata itu harus mampu menggerakkan usaha ekonomi produktif warga. Seperti pembuatan kerajinan lokal maupun produk kuliner lokal yang khas dan menarik.
Sementara itu Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Disparta Kabupaten Semarang, Juwair Suntara menambahkan Festival Desa Wisata kali ini akan diikuti oleh 21 pengelola Desa Wisata dan 21 kelompok sadar wisata (pokdarwis) yang ada di Kabupaten Semarang. Diantaranya Desa Wisata Keseneng Kecamatan Sumowono, Desa Ujung-Ujung Pabelan, Desa Gedangan Tuntang, Desa Sepakung Banyubiru, Desa Lerep Ungaran Barat, Desa Gemawang Jambu dan Desa Wisata Bejalen Kecamatan Ambarawa.
Juwair Suntara menjelaskan para peserta itu akan menampilkan kuliner atau makanan khas masing-masing desa selama dua hari, 15-16 Juni. Selain itu juga berbagai produk kerajinan  dan pentas seni khas. Potensi pariwisata di tiap-tiap desa di Kabupaten Semarang dinilai sangat besar. Selain wisata alam, berbagai atraksi budaya maupun kuliner khas bisa dijadikan daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Selain itu juga akan ditampilkan aneka produk inovatif dari para pengelola desa wisata dan kelompok sadar wisata. “Diharapkan pengembangan usaha pariwisata itu dapat meningkatkan kesejahteraan warga. Sebab dapat mengurangi angka pengangguran dan memacu pertumbuhan ekonomi desa,” jelasnya.
Seluruh potensi pariwisata yang ditampilkan dalam Festival Desa Wisata itu akan dinilai oleh tim juri. Desa Wisata yang memperoleh nilai tertinggi akan mewakili Kabupaten Semarang pada ajang Gelar Desa Wisata tingkat Provinsi Jawa Tengah pada Bulan Juli mendatang.(*/junaedi)



 
 

Berita dan Artikel

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com