Senin, 22 Juli 2019

LINK EKSTERNAL

jateng

bko


epju

Ditulis oleh DISKOMINFO KAB SEMARANG    Rabu, 06 Februari 2019 14:07    PDF Cetak Surel
BAZNAS KABUPATEN SEMARANG IKUT BANGUN MASJID DI DONGGALA PALU

DISKOMINFO-UNGARAN : Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Semarang menyumbang dana untuk pembangunan masjid di Donggala-Palu Sulawesi Tengah. Dana infaq yang dikumpulkan dari kotak amal sholat Jum’at di sejumlah masjid sebesar Rp 282.359.694,oo itu diserahkan oleh Bupati Semarang H Mundjirin kepada Wakil Ketua Baznas Jawa Tengah Muhammad Zein Yusuf di aula Kantor Baznas Kabupaten Semarang di Ungaran, Rabu (6/2) siang.

Kepala Baznas Kabupaten Semarang Munashir menjelaskan pengumpulan dana infaq itu merupakan bagian dari program Baznas Jateng. Rencananya, program itu akan membangun masjid di Kota Donggala dan Palu yang rusak karena gempa bumi Bulan September 2018 lalu. “Baznas menjalin kerjasama dengan IPHI, Dewan Masjid Indonesia dan MUI untuk menggalang dana itu berdasarkan edaran dari Baznas Provinsi Jawa Tengah,” terangnya.
Wakil Ketua Baznas Jateng HM Zein Yusuf menjelaskan pihaknya merencanakan pembangunan delapan masjid di wilayah terdampak gempa bumi dan tsunami di Donggala dan Palu. Satu masjid dianggarkan dana pembangunan antara Rp 800 juta – Rp 1 miliar. Bantuan tahap pertama telah diserahkan Gubernur Jateng beberapa waktu lalu. “Pengumpulan kali ini merupakan tahap kedua dan Insya Allah dengan sumbangan dari Baznas Kabupaten Semarang ini bisa dibangun satu masjid lagi,” jelasnya.
Dia menghargai sumbangan dari Baznas Kabupaten Semarang yang dinilainya cukup besar. Zein juga menyebut penggunaan dana ZIS yang dikelola Baznas Kabupaten Semarang telah sesuai ketentuan. Diantaranya untuk bantuan biaya pendidikan bagi siswa kurang mampu dan penguatan modal UMKM. “Baznas Jateng juga sedang menggagas kerja sama dengan kabupaten/kota untuk membentuk lembaga pembiayaan untuk penguatan UMKM bernama Baznas Mikro finance,” katanya lagi.
Pada kesempatan itu pula, Bupati Semarang H Mundjirin menyerahkan bantuan bea siswa Baznas Kabupaten Semarang kepada siswa kurang mampu senilai total Rp 11 juta. Selain itu diserahkan pula bantuan penguatan modal UMKM. “Baznas dapat membantu memberdayakan ekonomi kerakyatan lewat bantuan penguatan modal seperti ini,” tegas Bupati.(*/junaedi)

 
 

Berita dan Artikel

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com