Rabu, 23 Januari 2019
Ditulis oleh DISKOMINFO KAB SEMARANG    Senin, 07 Januari 2019 08:42    PDF Cetak Surel
PENGHIJAUAN DI KARANGJOHO TANAM RIBUAN BIBIT POHON

DISKOMINFO-BAWEN : Seratusan warga Dusun Karangjoho Desa Samban Bawen menanam ribuan bibit pohon penghijauan, Minggu (6/1) pagi. Gerakan menanam secara massal itu ditandai dengan penanaman bibit pohon durian oleh Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha. Ikut serta pada acara itu anggota DPRD Kabupaten Semarang Bondan Marutohening dan beberapa kelompok peduli lingkungan.

Saat sambutan, Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha menghargai upaya warga Karangjoho untuk menjaga mutu lingkungan hidup disana. “Inisiatif warga dusun menggandeng pihak swasta untuk menghijaukan lingkungan dengan tanaman produktif sangat baik. Pemkab Semarang siap membantu mewujudkan Karangjoho menjadi salah satu tujuan wisata alam yang lengkap dan memadai,” kata Wabup.
Selama ini, lanjutnya, Dusun Karangjoho yang terletak di kaki Gunung Kendalisodo itu telah dikenal sebagai salah satu tujuan wisata alam. Namun potensi alam sangat mendukung pengembangan sentra tanaman buah-buahan terutama durian dan alpokat. Sehingga gerakan penanaman bibit pohon produktif ini dinilai sangat efektif.
Kepala Desa Samban, Maduri menjelaskan ribuan bibit pohon produktif yang ditanam warga itu antara lain dua ribu bibit tanaman sirsat, 200 bibit pohon durian, 1.500 bibit sengon. Selain itu juga ditanam 1.500 bibit pohon Kendali sebagai tanaman tegakan penghijauan. “Bibit tanaman yang ditanam warga sebagian besar memang jenis buah-buah termasuk sirsat, alpokat dan durian. Harapannya kedepan dapat meningkatkan pendapatan dan menjadi penghasilan warga,” terangnya. Bibit tanaman tersebut, tambahnya, berasal dari bantuan pihak swasta dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.
Maduri menambahkan gerakan penghijauan itu sebagai upaya pendukung pengembangan Dusun Karangjoho sebagai andalan menarik wisatawan. Sehingga nantinya dapat meluas dan menjadikan Desa Samban sebagai salah satu desa wisata. Selama ini sudah ada potensi andalan berupa wisata panorama alam di ketinggian 813 meter diatas permukaan laut, wisata religi berupa petilasan kuno di Gunung Kendalisodo dan pemandian air hangat. “Kami juga sedang merintis peningkatan akses jalan ke puncak Gunung Kendalisodo yang melewati Dusun Karangjoho. Upaya itu berupa pelebaran jalan setapak menjadi jalan selebar kurang lebih 2,5 meter,” tambah Maduri.
Sementara itu anggota DPRD Bondan Marutohening menyatakan siap bekerja sama dengan Pemdes Samban untuk mewujudkan akses jalan ke Puncak Gunung Kendalisodo. “Kades Samban perlu terus menjalin komunikasi dengan eksekutif dan legislatif untuk mewujudkan akses jalan yang memadai,” katanya.(*/junaedi)

 
 

Berita dan Artikel

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

LINK EKSTERNAL

jateng

bko


epju