Rabu, 23 Januari 2019
Ditulis oleh DISKOMINFO KAB SEMARANG    Jumat, 04 Januari 2019 10:40    PDF Cetak Surel
PELAYANAN PUBLIK RSUD AMBARAWA DINILAI SANGAT BAIK

DISKOMINFO-AMBARAWA : Kementerian PAN-RB RI memberikan penilaian sangat baik atas kinerja pelayanan publik yang dilaksanakan oleh RSUD Ambarawa selama tahun 2018. Hal itu dibuktikan dengan pemberian piagam penghargaan kategori sangat baik untuk penyelenggaraan pelayanan publik yang diserahkan di Jakarta akhir tahun lalu. Menurut Direktur RSUD Ambarawa dr Rini Susilowati MKes, pelayanan prima itu dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi informasi. “Kami memiliki tim kecil yang khusus mengembangkan model pelayanan berbasis teknologi informasi. Diantaranya pendaftaran online, kotak saran secara online maupun data kondisi nyata fasilitas rumah sakit yang dapat diakses masyarakat setiap saat,” katanya disela-sela acara Senam Bersama Bupati Semarang di halaman depan RSUD Ambarawa, Jum’at, (4/1) pagi.

Diterangkan oleh Rini, penghargaan dari Kementerian PAN RB itu berdasarkan hasil evaluasi terhadap pelayanan publik RSUD di 208 Kabupaten/Kota di tanah air. Aspek penilaian meliputi layanan publik, operator pelayanan dan pengguna layanan. Pelayanan  pendaftaran berobat secara online terus dikembangkan sejak diperkenalkan pertama kali tahun 2015 lalu. Selain itu juga disediakan fasilitas pengaduan secara elektronik. Sehingga dapat mudah ditindaklanjuti oleh tiap bagian pelayanan.  “Tidak hanya itu, setiap tahun para pegawai RSUD yang berjumlah 500 orang lebih secara bergiliran mengikuti pelatihan service excellent. Tujuannya untuk menjamin mutu pelayanan prima yang telah dilaksanakan selama ini,” ujarnya lagi.
Tak hanya itu, lanjut Rini, penambahan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan juga terus dilakukan. Termasuk pembangunan instalasi bedah sentral berlantai dua dan unit bersalin berlantai juga sudah selesai tahun 2017 lalu.
Bupati Semarang H Mundjirin saat sambutan mengawali acara senam bersama mengingatkan seluruh jajaran RSUD Ambarawa untuk terus menjamin mutu pelayanan prima kepada pasien dan masyarakat. “Layani dengan senyum semua pasien dan warga yang datang ke RSUD. Sebab itu menjadi salah satu obat untuk kebaikan bersama. Berikan perlakuan dan pelayanan yang sama kepada pasien tanpa melihat latar belakang sosial maupun status jaminan kesehatan yang dimilikinya,” tegas Bupati. Hadir pula pada acara senam bersama itn, Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha, Sekda Gunawan Wibisono, pimpinan SKPD dan seratusan staf dari berbagai SKPD.
Sementara itu petugas Humas RSUD Ambarawa, Danang menambahkan dengan pelayanan pendaftaran berobat secara online, warga yang membutuhkan merasa nyaman. “Mereka bisa mendaftar bahkan pada pukul 01.00 WIB atau dini hari. Tidak ada komplain dari pendaftar yang datang langsung karena mereka tahu ada fasilitas online itu,” terangnya.(*/junaedi)

 
 

Berita dan Artikel

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

LINK EKSTERNAL

jateng

bko


epju