Rabu, 23 Januari 2019
Ditulis oleh DISKOMINFO KAB SEMARANG    Kamis, 03 Januari 2019 10:44    PDF Cetak Surel
KEMENAG KABUPATEN SEMARANG BUKA PELAYANAN TERPADU

DISKOMINFO-BERGAS : Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Muhdi SAg menegaskan komitmen jajarannya untuk meningkatkan mutu pelayanan keagamaan sesuai fungsi pada tahun 2019 ini. Sejalan dengan peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-73 Kemenag, pihaknya akan membuka pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) untuk berbagai urusan administrasi keagamaan. “Tahun ini Insya Allah akan dilaksanakan pelayanan terpadu satu pintu di Kantor Kemenag. Tujuannya memudahkan warga yang membutuhkan pelayanan administrasi di bidang keagamaan. Jadi nanti, warga tidak perlu wir-wiri saat mengurus perpanjangan surat izin operasional madrasah diniyah ataupun TPQ,” katanya usai upacara bendera peringatan HAB ke-73 Kemenag di Stadion Pandanaran Wujil, Bergas, Kamis (3/1) pagi.

Muhdi menambahkan, segala persiapan pembukaan pelayanan terpadu satu pintu itu telah dilakukan. Sehingga diharapkan pada awal Bulan Januari 2019 ini sudah bisa melayani warga. Sebelumnya, Kemenag Kabupaten Semarang juga telah membuka pelayanan terpadu satu pintu untuk urusan haji. Sehingga mereka merasa nyaman dan mudah dalam menyelesaikan urusannya.
Selain itu juga pelayanan pencatatan nikah dengan pola tepat buku atau buku nikah langsung jadi juga telah dilaksanakan di semua KUA. Menurutnya kondisi ini sesuai dengan amanat Menteri Agama RI untuk meningkatkan reformasi birokrasi. Sekaligus meningkatkan indeks kepuasan publik atas pelayanan keagamaan. “Harapannya inovasi pelayanan ini mampu meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya lagi.
Pada upacara bendera ini, Bupati Semarang H Mundjirin bertindak selaku inspektur upacara. Hadir pada acara itu anggota Forkompimda, Sekda Gunawan Wibisono, tokoh masyarakat dan agama serta ratusan guru madrasah dilingkup Kemenag Kabupaten Semarang.
Membacakan sambutan Menteri Agama RI, Lukma Hakim Saifuddin, Bupati H Mundjirin mengatakan perlu ditingkatkan upaya pembinaan toleransi dan kerukunan antar umat beragama serta pembangunan akhlak bangsa di ruang publik. “Masalah agama adalah masalah yang amat peka. Karenanya Kemenag mendorong pembudayaan moderasi beragama bagi semua warga bangsa,” katanya.
Pada kesempatan itu pula, Bupati H Mundjirin didampingi Wakil Bupati Ngesti Nugraha menyerahkan berbagai tropi penghargaan kepada individu dan institusi berprestasi di lingkup Kemenag Kabupaten Semarang. Diantaranya Pengawas Madrasah  Berprestasi tingkat nasional tahun 2018 yang diraih Idi Joko Sudono, MSi. Selain itu juga Juara I Kepala Madrasah Tsanawiyah Tingkat Jawa Tengah Tahun 2018 yang diraih Agus Pristiawan dan Umi Halimah Sa’adah sebagai Juara I Kepala Madrasah Ibtidaiyah tingkat Jateng 2018. “Prestasi ini menjadi bukti komitmen jajaran Kemenag Kabupaten Semarang untuk menjamin mutu pelayanan pendidikan keagamaan kepada masyarakat,” pungkas Muhdi.(*/junaedi)

 
 

Berita dan Artikel

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

LINK EKSTERNAL

jateng

bko


epju