Rabu, 14 November 2018
Ditulis oleh DISKOMINFO KAB SEMARANG    Rabu, 25 Juli 2018 13:38    PDF Cetak Surel
PMI KABUPATEN SEMARANG MILIKI LABORATORIUM DARAH

DISKOMINFO-UNGARAN : Guna meningkatkan pelayanan kepalangmerahan terutama kegiatan donor darah, PMI Kabupaten Semarang memindahkan operasional markas ke gedung baru. Gedung baru yang terletak di Jl Gatot Subroto Ungaran itu juga dilengkapi dengan laboratorium pemisahan komponen darah. Peresmian penggunaan gedung dilakukan secara simbolis ditandai dengan pengguntingan untaian melati oleh ketua PMI Cabang Kabupaten Semarang Hj Bintang Narsasi Mundjirin, Rabu (25/7) siang.

Hadir pada acara itu Kepala Bidang Organisasi PMI Jateng Edi Susanto, Staf ahli Bupati Semarang bidang ekonomi keuangan dan pembangunan Heru Purwantoro, pengurus PMI Cabang Kabupaten Semarang, perwakilan PMI Cabang se eks Karesidenan Semarang, ketua pengurus PMI kecamatan serta undangan lainnya.
Ketua PMI Cabang Kabupaten Semarang Hj Bintang Narsasi Mundjirin saat sambutan menjelaskan pembangunan gedung markas PMI yang lebih representatif ini tidak lepas dari dukungan Pemerintah Kabupaten Semarang. “Dukungan ini akan dijadikan pemacu semangat segenap pengurus PMI, para sukarelawan dan pendukung lainnya untuk meningkatkan pelayanan kepalangmerahaan di Kabupaten Semarang. Terutama untuk langkah penanggulangan bencana alam, donor darah maupun pembinaan tenaga sukarelawan termasuk korps sukarela (KSR),” ujarnya.
Saat sambutan, Kepala Bidang Organisasi PMI Jateng Edi Susanto menegaskan pentingnya sinergi kegiatan dan kerja sama antara PMI dan pemerintah daerah itu. “Berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 tahun 2018, PMI bertugas membantu pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana alam dan donor darah. Tugas ini akan dapat berjalan baik jika ada dukungan dan kerja sama dengan pemerintah daerah,” tuturnya.
Edi juga mengingatkan segenap jajaran pengurus PMI untuk menjaga citra baik PMI sebagai lembaga kemanusiaan. Jika citra itu tetap terjaga, lanjutnya, maka akan banyak pemangku kepentingan yang bersedia mendukung kegiatan operasional PMI. Sehingga pelayanan kepalangmerahan kepada masyarakat yang membutuhkan dapat berjalan lancar.
Petugas pelestari donor darah sukarela PMI Cabang Kabupaten Semarang Dafik Soleq disela-sela acara menjelaskan alat pemisah komponen darah atau refrigerated centrifuge (RC) yang dimiliki berkapasitas empat lubang. Dengan alat ini nantinya dapat dipisahkan komponen darah berupa sel darah merah, trombosit dan sel plasma darah. “Selama ini untuk memisahkan komponen darah sesuai kebutuhan warga yang memerlukan harus dilakukan di laboratorium darah PMI cabang kabupaten / kota lain terdekat. Dengan adanya laboratorium ini sangat membantu pelayanan donor darah kepada yang membutuhkan,” ungkapnya.
Diterangkan, kebutuhan darah yang dilayani PMI Cabang Kabupaten Semarang rata-rata 1.000-1,200 kantong setiap bulannya. Sedangkan perbulannya, dilayani warga pendonor yang akan menyumbangkan darahnya mencapai rata-rata 150 orang. “Di gedung yang baru ini tersedia dua kursi pelayanan donor darah. Jumlah itu meningkat dibandingkan di gedung lama karena keterbatasan tempat. Penambahan fasilitas ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan donor darah,” tuntas Dafiq.(*/junaedi)

 
 

Berita dan Artikel

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

LINK EKSTERNAL

jateng

bko


epju