Senin, 24 Juli 2017
Ditulis oleh DISKOMINFO KAB SEMARANG    Jumat, 07 Juli 2017 11:36    PDF Cetak Surel
BRT TRANS JATENG SASAR BURUH DAN PELAJAR

DISKOMINFO-BAWEN : Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menegaskan Pemerintah terus berupaya memberikan pelayanan transportasi bermutu kepada masyarakat. Salah satunya dengan menyediakan transportasi yang nyaman dan murah terutama kepada kaum buruh dan pelajar. “Mereka sangat memerlukan moda transportasi yang murah dan nyaman serta tepat waktu. Pengoperasian Bus Rapid Transit (BRT) Trans Jateng Koridor I rute Semarang Tawang-Terminal Bawen merupakan upaya nyata Pemprov Jateng yang didukung Kementerian Perhubungan untuk menjawab kebutuhan itu,” tegas Gubernur saat sambutan peresmian pengoperasian BRT Trans Jateng Koridor I itu di halaman Terminal Bawen, Jum’at (7/7) siang.

Peresmian ditandai dengan penyiraman salah satu unit BRT dengan air kendi oleh Gubernur Ganjar Pranowo. Ikut menyaksikan Kasubid Angkutan Orang Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI Ahmad Yani, Forkompimda Jateng, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jateng  Ir Satrio Hidayat, Bupati Semarang H Mundjirin dan undangan lainnya.
Dijelaskan oleh Gubernur, para pelajar sangat membutuhkan moda transportasi yang bisa melayani mereka usai beraktifitas hingga sore hari. Sedangkan bagi para buruh, keberadaan BRT dapat membantu menekan ongkos transportasi yang harus ditanggung setiap hari. “Kebutuhan kesehatan dan pendidikan bagi kaum buruh sudah dilayani oleh Pemerintah. Saat ini, giliran pelayanan transportasi murah dan nyaman yang diselenggarakan untuk membantu mereka menekan biaya transportasi sehari-hari,” terang Ganjar lagi. Karenanya, lanjut dia, rute BRT koridor I ini melewati daerah-daerah industri.
Melalui Dinas Perhubungan, Gubernur merencaakan akan membuka koridor berikutnya yakni di Banyumas raya. Selama tiga hari pertama operasionalisasi BRT Trans Jateng Koridor I ini, tambah Ganjar, masyarakat dapat memanfaatkannya secara Cuma-Cuma atau gratis.
Sementara itu Kepala Dishub Jateng Satrio Hidayat menjelaskan kajian pengoperasian BRT koridor I ini telah dilakukan sejak tahun 2014. Terakhir pada tahun 2016 dibentuk unit layanan operasional BRT di lingkungan Dishub Jateng. “Pada tahun ini, dilaksanakan program peningkatan mutu angkutan umum massal di wilayah Kedungsapur koridor I Semarang Tawang- Terminal Bawen,” jelas Satrio.
Pengoperasian BTR trans Jateng Koridor I ini dilakukan oleh sebuah koperasi angkutan pemenang lelang. Jangka waktu pengoperasian, tambahnya, mulai 1 Juli sampai dengan 31 Desember 2017.
Pada tahap ini, setidaknya ada 12 unit BRT yang akan melayani penumpang di rute sepanjang 36,5 km dari Terminal Bawen-Stasiun Tawang Semarang. Satrio menyebutkan waktu tempuh yang diperlukan selama 90 menit dengan interval keberangkatan 15-20  menit. “BRT akan beroperasi sejak pukul 05.00 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB. Untuk tarif Rp 3.500 bagi penumpang umum sedangkan pelajar dan buruh hanya Rp 1.000,oo,” ungkap Satrio.(*/junaedi)

 
 

Berita dan Artikel

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

LINK EKSTERNAL

jateng

bko


epju