Jumat, 24 November 2017
Ditulis oleh DISKOMINFO KAB SEMARANG    Selasa, 04 Juli 2017 13:37    PDF Cetak Surel
WARGA RELAKAN TANAH DUKUNG PROGRAM TMMD

DISKOMINFO-SUMOWONO : Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II tahun 2017 Kodim 0714 di Kabupaten Semarang akan menggarap jalan penghubung antar desa antar kabupaten. Pembangunan rabat beton jalan penghubung antara Desa Kebonagung dengan Desa Wonokerso Kecamatan Pingit Kabupaten Temanggung sepanjang lebih kurang 1.670 meter lebar tiga meter itu menjadi sasaran fisik utama yang akan dikerjakan TNI bersama warga dan instansi terkait lainnya. “Swadaya masyarakat berupa pembebasan tanah di kanan kiri jalan seluas 340 meter senilai Rp 203 juta,” kata Pasiter Kodim 0714 Kapten Arh Widarto  dalam laporannya saat upacara pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2017 di lapangan Desa Kebonagung Sumowono, Selasa (4/7) siang.

Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2017 ditandai dengan penyerahan peralatan kerja kepada perwakilan TNI dan warga serta pemukulan kentongan oleh Bupati Semarang H Mundjirin. Ikut hadir pada acara itu Dandim 0714 Letkol Kav Asjur Bahasoan, Kajari Nanang Gunaryanto SH MH, Kapolres Semarang AKBP V Thirdy Hadmiarso, Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha, para pimpinan OPD dan undangan  lainnya.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam sambutan tertulis yang dibacakan inspektur upacara Bupati H Mundjiirn menegaskan kegiatan TMMD yang dilandasi semangat gotong royong berperan penting dalam membangun bangsa. “TMMD tidak hanya membangun sarana fisik bagi masyarakat desa. Tapi juga membangun semangat percaya diri masyarakat agar mampu mengelola potensi yang dimiliki,” tegasnya.
Gubernur juga mengajak seluruh warga dan komponen bangsa lainnya untuk sengkuyung bareng-bareng program pembangunan yang mensejahterakan masyarakat desa. Menurutnya, pembangunan desa tersebut jangan sampai meninggalkan kearifan lokal yang dimiliki. Sehingga, lanjut Ganjar,  desa bisa menjadi maju dengan SDM yang berkualitas, mandiri, spiritualitas tinggi, kreatif dan inovatif serta berkarakter kebangsaan yang kuat. “Lan sing ora kalah penting, kabudayane tansah lestari,” ujarnya lagi.
Pasiter Kodim 0714 Kapten Arh Widarto menambahkan selain pembangunan rabat beton jalan antar desa antar Kabupaten, kegiatan kali ini juga akan membuat jamban warga Desa Kebonagung. Selain itu juga akan dilaksanakan penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan (wasbang), pertanian, ketenagakerjaan, tata pemerintahan, hukum dan ketrampilan lainnya. “Pelaksanaan TMMD mulai tanggal 4 Juli sampai dengan 2 Agustus dengan sumber dana APBD Provinsi Jateng Rp 167.200.000,oo dan APBD Kabupaten Semarang Rp 160 juta,” terang Pasiter.
Usai upacara pembukaan, Bupati H Mundjirin menyerahkan bantuan untuk tiga tempat ibadah dan bantuan bibit tanaman alpokat untuk kelompok tani Sido Subur serta bibit cengkih untuk perwakilan gapoktan. Rangkaian acara lainnya adalah penanaman pohon sawo hijau oleh Bupati dan wakil Bupati Semarang serta anggota Forkompimda di sekeliling lapangan Desa Kebonagung.(*/junaedi)

 
 

Berita dan Artikel

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

LINK EKSTERNAL

jateng

bko


epju