Sabtu, 21 Oktober 2017
Ditulis oleh DISKOMINFO KAB SEMARANG    Rabu, 14 Juni 2017 22:13    PDF Cetak Surel
PEMKAB SEMARANG SIAPKAN 38 AMBULANS LAYANI PEMUDIK

DISKOMINFO-UNGARAN : Untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada para pemudik pada lebaran tahun 2017 yang melintas, Pemkab Semarang menyiapkan 38 unit mobil ambulans. Kendaraan bermotor pelayanan kesehatan itu berasal dari 26 Puskesmas dan dari Dinas Kesehatan. “Kita siapkan 38 unit mobil ambulans sebagai antisipasi jika diperlukan untuk melayani pemudik. Selain itu seluruh Puskesmas yang berada di jalur mudik juga harus stand by 24 jam,” terang Bupati Semarang H Mundjirin saat jumpa pers dengan wartawan di Rumah Dinas Bupati Semarang di Ungaran, Rabu (14/6) petang.

Jumpa pers yang dihelat oleh Dinas Kominfo Kabupaten Semarang itu juga dihadiri oleh Kapolres Semarang AKBP V Thirdy Hadmiarso, Sekretaris Daerah Gunawan Wibisono, Kepala Dinas Perhubungan Prayitno Sudaryanto dan Kepala Dinas Kominfo Sunarto.
Dijelaskan lebih lanjut oleh Bupati, guna mendukung pelayanan kesehatan bagi pemudik itu Pemkab Semarang juga telah menyiapkan tenaga dokter dan paramedis yang akan bertugas secara bergilir. Puskesmas yang akan bersiaga di jalur mudik itu antara lain ada di Ungaran, Karangjati, Bergas, Ambarawa, Jambu, Tuntang dan Banyubiru. Disiapkan pula skenario jalur evakuasi melalui jalan alternatif yang bebas macet jika diperlukan tindakan layanan kesehatan lebih lanjut. Salah satunya jalur dari Pringapus menuju Ngajaran lalu tembus ke wilayah Bringin dan Salatiga. “Tenaga dokter dan paramedis yang tersedia dan bersiaga sudah mencukupi dan diatur jadwalnya oleh Dinas Kesehatan. Jalur alternatif bebas macet juga telah disiapkan sebagai antisipasi jika diperlukan tindakan lanjutan,” tambahnya.
Selain kendaraan ambulans dari Dinkes, lanjut Bupati, juga akan ada partisipasi dari organisasi keagamaan. Yakni penyiapan lima mobil ambulans dari Lembaga Muhammadiyah.
Sementara itu Kapolres Semarang AKBP V Thirdy Hadmiarso menjelaskan pihaknya telah menjalin kerja sama dengan tujuh Polres jajaran yang wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Semarang. Tujuannya agar dapat dilakukan tindakan pengaturan lalu lintas yang baik untuk menjamin kelancaran lalu lintas. Tujuh Polres jajaran itu adalah Polrestabes Semarang, Polres Salatiga, Polres Kendal, Polres Boyolali, Polres Magelang, Polres Temanggung dan Polres Sragen. “Diharapkan kerja sama ini dapat menjamin kelancaran arus lalu lintas pemudik yang akan melewati wilayah hukum Polres Semarang menuju Surakarta maupun Semarang,” paparnya.
Kapolres juga menyebut akan ada dukungan 30 orang personel dari Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jateng yang bertugas di pos pengamanan rest area KM 49 jalan tol Bawen-Salatiga. Keberadaan mereka diharapkan dapat membantu mengatasi persoalan kemacetan yang diprediksi terjadi di jalur exit tol Tingkir Salatiga.
Sedangkan Kepala Dinas Perhubungan Prayitno Sudaryanto memastikan akan ada lima unit bus  cadangan untuk angkutan lebaran. Bus cadangan ini disediakan bekerja sama dengan sebuah perusahaan otobis.(*/junaedi)

 
 

Berita dan Artikel

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

LINK EKSTERNAL

jateng

bko


epju