Rabu, 24 May 2017

Berita dan Artikel

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

LINK EKSTERNAL

jateng

bko


epju


Ditulis oleh DISKOMINFO KAB SEMARANG    Kamis, 13 April 2017 11:43    PDF Cetak Surel
APINDO SIAP LAKSANAKAN PENGUPAHAN BARU LEBIH CEPAT

DISKOMINFO-BAWEN : Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Semarang Ari Prabono menegaskan seluruh anggota Apindo siap untuk melaksanakan struktur dan skala upah tenaga kerja yang baru. “Meski secara perhitungan cost atau biaya operasional akan lebih tinggi, namun implikasi dari struktur pengupahan yang baru ini terhadap produktifitas juga signifikan. Jadi perusahaan tidak rugi,” tegas Ari saat ditemui disela-sela pelatihan penyusunan struktur dan skala upah berdasarkan Permenaker Nomor 1 Tahun 2017 di ruang pertemuan Pabrik PT CCA Kelurahan Harjosari Bawen, Kamis (13/4) siang.


Dikatakan lebih lanjut oleh Ari Prabono, berdasarkan Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) Nomor 1 tahun 2017, pengupahan tenaga kerja akan dibedakan antara lain berdasarkan tingkat pendidikan, kompetensi dan pengalaman kerja maupun beban kerja. Hal itu menurutnya justru menunjukkan aspek keadilan bagi para pekerja. Ada beberapa rumus maupun tipe pengupahan yang dapat diaplikasikan di perusahaan yang menekankan aspek keadilan bagi pekerja yang memiliki kualifikasi dan kompetensi yang beragam. Menurut Ari sebenarnya sudah ada kebijakan internal perusahaan di Kabupaten Semarang yang serupa itu. Dengan adanya Permenaker yang baru ini, perusahaan jadi memiliki payung hukum yang kuat untuk melaksanakan kebijakan itu.
Apindo, lanjut Ari, akan  terus melakukan sosialisasi tentang pelaksanaan Permenaker ini kepada 198 perusahaan anggotanya. Sehingga diharapkan dapat memenuhi tenggat pelaksanaan Permenaker Nomor 1 Tahun 2017 yang ditentukan oleh Pemerintah yakni tanggal 23 Oktober 2017. “Kita targetkan pada semester I tahun 2017 ini perusahaan anggota Apindo sudah menerapkan struktur dan skala upah yang baru,” tegasnya.
Pada pelaksanaan pelatihan ini, terang Ari, antusiasme perusahaan untuk berpartisipasi sangat tinggi. Apindo juga akan siap menggelar kegiatan serupa jika memang dibutuhkan.
Sementara itu Bupati Semarang H Mundjirin yang juga hadir dalam acara itu meminta para pengusaha untuk memperhatikan kesejahteraan para pekerja. Dia juga menghargai perusahaan yang telah menerapkan kebijakan internal pola penggajian pekerja yang memperhatikan kompetensi. “Cara yang paling adil adalah memberikan tambahan penghasilan atau renumerasi kepada pekerja yang memiliki kompetensi tinggi. Jadi tidak ada lagi pekerja bodoh atau pintar gajinya sama,” katanya.(*/junaedi)