Rabu, 24 May 2017

Berita dan Artikel

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

LINK EKSTERNAL

jateng

bko


epju


Ditulis oleh DISKOMINFO KAB SEMARANG    Jumat, 07 April 2017 19:14    PDF Cetak Surel
RAWA PENING AKAN DITANGANI UNIT KHUSUS

DISKOMINFO-BAWEN : Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan membentuk unit khusus yang akan menangani revitalisasi Rawa Pening. Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimulyono, potensi Rawa Pening yang sangat besar dapat dikembangkan untuk berbagai sektor terutama pariwisata dan pertanian. “Unit pengelola khusus Rawa Pening ini akan lebih serius dan konsisten menangani pemeliharaan Rawa Pening. Sebab potensi rawa ini sangat besar sebagai sumber air baku yang bagus, digunakan untuk pembangkit listrik, irigasi dan pariwisata,” terang Menteri saat meninjau penanganan enceng gondok di lokasi Jembatan Biru Dusun Sumurup Desa Asinan Bawen, Jum’at (7/4) siang.

Ikut mendampingi Menteri Basuki Hadimulyono, Bupati Semarang H Mundjirin, Dirjen Bina Marga Arie Setyadi Murwanto, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VII Semarang  Achmad Hery Marzuki,  Kepala Dinas PU Sumber Daya Air dan Penataan Ruang  Provinsi Jateng Prasetyo Budie Yuwono dan Kepala Balai Wilayah Sungai Pemali – Juana Rubani.
Pengembangan Rawa Pening nantinya, lanjut Menteri, akan diarahkan pada sektor unggulan pariwisata. Sebab sektor ini dinilai paling cepat dan murah untuk mendongkrak kesejahteraan warga. Pengurangan populasi enceng gondok akan terus dilakukan sampai dengan batas yang telah ditentukan. Tujuannya agar dapat mendukung pengembangan Rawa Pening. Kementerian PUPR akan terus mengoperasikan alat berat berupa dua eskavator dan alat khusus Aquatic Weed Harvester untuk mengurangi tumpukan enceng gondok yang menutupi permukaan rawa. Bahkan, Kementerian PUPR akan menambah unit alat sejenis yang saat ini sedang dalam proses pengadaan.
Terkait pembentukan unit pengelola khusus Rawa Pening, Menteri PUPR telah melakukan komunikasi dengan Menteri Sumber Daya Air China yang kebetulan sedang berkunjung ke Indonesia. “Mereka punya pengalaman melakukan perbaikan danau Taihu melalui Taihu Lake Restoration Agency. Saya akan kirim teman-teman dari Kabupaten (Semarang) dan Provinsi Jawa Tengah untuk melihat dan belajar kesana. Setelah itu diharapkan akan muncul ide untuk mengelola Rawa Pening,” terang Basuki.  (*/junaedi)