Selasa, 27 Juni 2017

Berita dan Artikel

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

LINK EKSTERNAL

jateng

bko


epju

Ditulis oleh DISKOMINFO KAB SEMARANG    Kamis, 06 April 2017 14:31    PDF Cetak Surel
TAHUN INI PEMKAB SEMARANG PERBAIKI 2.223 RTLH

DISKOMINFO-UNGARAN : Pada tahun 2017 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Semarang akan meningkatkan status 2.223 unit rumah tidak layak huni (RTLH) menjadi rumah layak huni. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Kabupaten Semarang Yosep Bambang Trihardjono menjelaskan alokasi bantuan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) itu berasal dari  APBN mapun APBD Provinsi Jateng dan Kabupaten Semarang. Penyerahan dana stimulan perbaikan rumah itu dilakukan secara simbolis oleh Bupati Semarang H Mundjirin kepada dua orang perwakilan Kepala Desa yang warganya menerima bantuan di Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang di Ungaran, Kamis (6/4) siang.

Hadir pada acara itu Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha, Kepala Bidang Perumahan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Jawa Tengah Ir Ronto Dumadi serta para kepala Desa dan Camat.
Dijelaskan lebih lanjut oleh Yosep, dana APBN yang dialokasi untuk bantuan stimulan perumahan swadaya pembangunan baru (BSPS-PB) sebesar Rp 5,97 miliar. Dana itu akan digunakan untuk peningkatan mutu 199 unit rumah warga yang masing-masing menerima Rp 30 juta. Sedangkan bantuan sosial rumah tidak layak huni dari APBD Jawa Tengah sebesar Rp 6,03 miliar untuk 603 unit rumah. “Dari APBD Kabupaten Semarang direncanakan bantuan dana perbaikan 773 unit RTLH  masing-masing senilai Rp 10 juta,” terang Yosep.
Selain itu, lanjutnya, ada tambahan alokasi dana BSPS dari APBN untuk peningkatan kualitas (PK) sebanyak 468 unit RTLH dan peningkatan kualitas 200 unit RTLH dengan dana dari pinjaman luar negeri.
Bupati H Mundjirin saat sambutan meminta para warga penerima bantuan untuk benar-benar memanfaatkan dana yang diterimanya dengan baik. “Rumah yang layak huni dapat membantu meningkatkan mutu kesehatan dan kesejahteraan warga. Jadi manfaatkan bantuan dengan baik dan diharapkan ada dukungan gotong royong dari warga sekitar,” ujarnya.
Kabid Perumahan Dinas PRKP Jateng Ronto Dumadi menjelaskan 603 unit RTLH yang akan mendapat bantuan tersebar di 14 kecamatan. Diantaranya Kecamatan Tengaran ada 40 unit Desa Kecamatan Jambu (20), Banyubiru (41), Kecamatan Bringin (80), Pabelan (40), Bancak (20), Ungaran Timur (41), Pringapus (20), Ungaran Barat (41), Tuntang (20) dan Kecamatan Bawen (20). “Sampai dengan Bulan Juni nanti kami akan melakukan verifikasi lapangan untuk melihat langsung kondisi rumah calon penerima. Jika terbukti tidak sesuai dengan kriteria yang ditetapkan, akan dicarikan pengganti yang masih dalam lingkup satu desa. Setelah itu akan dilaporkan ke Gubernur untuk mendapatkan pengesahan pencairan bantuan,” jelas Ronto. (*/junaedi)