Jumat, 31 Oktober 2014

Berita dan Artikel

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

LINK EKSTERNAL

jateng

bko



Ditulis oleh humas dan protokol    Jumat, 19 Oktober 2012 10:01    PDF Cetak Surel
HUMAS PEMERINTAH HARUS CIPTAKAN KOMUNIKASI EFEKTIF

HUMAS-BAWEN : Peran lembaga humas di pemerintahan dinilai memiliki peran penting sebagai jembatan komunikasi dengan para pemangku kepentingan termasuk khalayak. Karenanya, humas pemerintah harus mampu menciptakan komunikasi yang efektif agar tercipta hubungan yang harmonis dengan masyarakat luas. Hal itu disampaikan pakar komunikasi yang juga dosen sekolah tinggi komunikasi (STIKOM) Semarang Gunawan Witjaksana MSi saat menjadi narasumber pada acara pembinaan kontributor Jatengnewsroom di kampung kopi Banaran Bawen, Kamis (18/10) siang.

Acara pembinaan kontributor Jatengnewsroom dihadiri perwakilan petugas pemberitaan humas dari 35 Kabupaten/Kota se Jawa Tengah. Hadir pula Kepala Bagian Pengelolaan Informasi Biro Humas Setda Jateng Sinoeng Rahmadi.
Ditambahkan oleh Gunawan Witjaksana, jalinan komunikasi antara lembaga pemerintah dan masyarakat sebagai salah satu stake holders dapat dibangun lewat pemberitaan di media internal maupun media online. “Pemberitaan yang dilakukan harus jujur mengungkap fakta, menarik serta memiliki nilai berita yang bermanfaat bagi pembaca,” tegasnya.
Pemberitaan yang informatif, lanjutnya, merupakan bagian penting dari fungsi utama humas pemerintah yakni menumbuhkan, mengembangkan dan memelihara citra lembaga.
Pada acara itu juga dihadirkan narasumber fotografer Harian Kedaulatan Rakyat Yogyakarta, Chandra Dian Nugraha yang memaparkan materi foto jurnalistik.
Sementara itu Sinoeng Rahmadi menjelaskan kegiatan pembinaan kontributor Jatengnewsroom dilakukan rutin setiap triwulan. Tujuannya untuk memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan jurnalistik bagi mereka. “Sekaligus meningkatkan kemampuan pemberitaan para kontributor agar dapat menampilkan informasi yang akurat dan menarik,” terangnya.(*/junaedi)