BADAN PERENCANAAN, PENELITIAN, DAN PENGEMBANGAN DAERAH

Jln. Gatot Subroto No. 20 Ungaran, Telp. (024) 6924962, (024) 6924963, e-mail: bappeda@semarangkab.go.id

Berita

EVALUASI AKSI PPK PEMDA KAB. SEMARANG TAHUN 2017

Eval Aksi PPK 2017 01

Pada hari Kamis, Tanggal 6 April 2018, bertempat di Aula/Ruang Rapat Lantai II Barenlitbangda Kabupaten Semarang telah diselenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Evaluasi Pelaporan Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Pemerintah Daerah (Aksi PPK Pemda) Kabupaten Semarang Tahun 2017 yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Semarang, Bapak Drs. Gunawan Wibisono, MM. dengan didampingi oleh Sekretaris Barenlitbangda Kabupaten Semarang, Bapak Ir. Thohiri, M.Si. dan Kepala Bidang Perencanaan Pemerintahan dan Sosial Barenlitbangda Kabupaten Semarang, Bapak Suyana, SH., M.Si.

Maksud dan tujuan diselenggarakannya Rakor Evaluasi Pelaporan Aksi PPK Pemda Kabupaten Semarang Tahun 2017 secara garis besar adalah sebagai berikut :
1. Menyampaikan poin-poin ruang lingkup dan implementasi Aksi-PPK Pemda Tahun 2016 & 2017;
2. Menyampaikan progress atas hasil pelaporan Aksi-PPK Pemda Kab. Semarang  Tahun 2017;
3. Menyampaikan evaluasi atas hasil pelaporan Aksi-PPK Pemda Kab. Semarang  Tahun 2017.

Read more...

Write comment (0 Comments)

GABUNGAN FORUM PD TAHUN 2018

 

IMG-20180301-WA0012

Pada tanggal 28 Februari 2018 Barenlitbangda Kabupaten Semarang telah menyelenggarakan Gabungan Forum Perangkat Daerah (Forum PD) Tahun 2018 dalam rangka penyelarasan Rancangan Rencana Kerja Perangkat Daerah (Renja PD) dengan Tema, Prioritas dan Arah Kebijakan RKPD Tahun 2019.

Selain itu, penyelenggaraan Gabungan Forum PD ini juga difungsikan sebagai wadah diskusi/musyawarah antar pelaku pembangunan guna membahas pengakomodasian daftar prioritas kegiatan pembangunan hasil usulan Musrenbang Kecamatan Tahun 2018 ke dalam Rancangan Renja Tahun 2019 dari tiap-tiap PD.

Read more...

Write comment (0 Comments)

KABUPATEN SEMARANG MEMILIKI DEWAN RISET DAERAH (DRD)

 

Pelantikan DRD01  Pelantikan DRD02 
 Pelantikan DRD03  Pelantikan DRD04

Pembentukan Dewan Riset Daerah (DRD) Kabupaten Semarang muncul tahun 2017, didahului oleh pemikiran-pemikiran yang komprehensif. Ide bermula dari sebuah amanat yang secara normatif ada dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan dan Penerapan Iptek. Atas dasar itulah memberanikan diri mengundang para pakar yang dikenal dan diketahui tinggal di Kabupaten Semarang maupun yang bekerja di Kabupaten Semarang. DRD sebagai lembaga non struktural dan bersifat independen, diharapkan mampu membantu pemerintah daerah bidang pengembangan dan penerapan Iptek.

Read more...

Write comment (0 Comments)

FORUM KONSULTASI PUBLIK RANCANGAN AWAL RKPD 2019

 

KonsulPublik Ranwal RKPD 2018

Mengawali proses perencanaan pembangunan Tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Semarang melaksanakan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Semarang Tahun 2019 yang bertujuan untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan rancangan awal RKPD Tahun 2019 sebagaimana amanat Pasal 80 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah. Forum konsultasi publik yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Semarang, Perwakilan DPRD Kabupaten Semarang, Kepala PD se-Kabupaten Semarang, komponen masyarakat dan LSM telah dilaksanakan pada Jumat, 5 Januari 2018 bertempat di Aula Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Barenlitbangda) Kabupaten Semarang.

Read more...

Write comment (0 Comments)

RAKOR PENAJAMAN PROGRAM KLA KAB. SEMARANG TAHUN 2018

 

Foto PublishPada Hari Kamis, tanggal 21 Desember 2017, bertempat di Aula/Ruang Rapat Lantai II Gedung Dharma Satya Setda Kabupaten Semarang, Barenlitbangda Kabupaten Semarang telah menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Penajaman Program Kabupaten Layak Anak (KLA) di Kabupaten Semarang.

Kegiatan Rakor Penajaman Program KLA di  Kabupaten Semarang diawali dengan penyampaian laporan pelaksanaan kegiatan Rakor oleh Kepala Barenlitbangda Kabupaten Semarang, Bapak Ir. Anang Dwinanta, MM. Dalam laporannya Beliau menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakannya Rakor Penajaman Program KLA di  Kabupaten Semarang, yaitu sebagai berikut:

Maksud pelaksanaan Rakor Penajaman Program KLA di  Kabupaten Semarang adalah dalam rangka mewujudkan predikat Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Semarang pada Tahun 2018. Adapun tujuan dilaksanakannya rakor tersebut adalah sebagai berikut :
1. Untuk menyusun penajaman program KLA dalam rangka mewujudkan predikat KLA di Kabupaten Semarang;
2. Mensinergikan kebijakan program dan kegiatan terkait pengembangan Desa Layak Anak, Kecamatan Layak Anak, RSUD dan Puskesmas Ramah Anak hingga guna mewujudkan Kabupaten Semarang memperoleh predikat KLA;
3. Mengevaluasi program kegiatan yang telah dilaksanakan terkait KLA di Kabupaten Semarang beserta permasalahan dan rencana tindak lanjutnya.

Read more...

Write comment (0 Comments)