SELAMAT DATANG DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP PEMERINTAH KABUPATEN SEMARANG

KOLEKSI BUKU BARU

Sales Sukses : Menjual apa saja, Kapan saja, Dimana Saja
Aris Marwanto
Mistik Kejawen
Suwardi Endraswara
21 Cara Membaca Kepribadian Orang Lain : Cara Cepat Mengetahui Kepribadian Orang Lain
Mulianti Widanarti
Easy Weight Loss : Cara Mudah Turunkan Berat Badan
Rifki Fauziah
693 Km Jejak Gerilya Sudirman
Ayi Jufridar
Sung Kyun Kwan : Karena Cinta Tidak Buta
Jung Eun Gwol
Percy Jackson & The Olympians #5 : The Last Olympian
Rick Riordan
Percy Jackson & The Olympians #4 : The Battle of The Labyrinth
Rick Riordan
Percy Jackson & The Olympians #1 : The Lightning Thief
Rick Riordan
Tasbih Cinta di Langit Moskow
Indah El Hafidz
Percy Jackson & The Olympians #3 : The Titan Curse
Rick Riordan
Percy Jackson & The Olympians #2 : The Sea of Monters Rick Riordan
Rick Riordan
Cinta Putih Di Bumi Papua
Dzikry el Han
Halaman Terakhir : Sebuah Novel Tentang Jenderal Polisi Hoegeng
Yudhi Herwibowo
Sang Musafir : Novel Perjalanan Spiritual Ibn Arabi
Sadik Yalsizucanlar
Dear Life
Alice Munro
The Mark of Athena
Rick Riordan
Jalan Kematian Syekh Situ Jenar
Prof. Dr. Abdul Mulkan
Zaman Edan : Ora Edan Ora Keduman
Purwadi, M.Hum.
Zaman Kalasura
Agus Wahyudi

Login Form

Terhubung

  

      Kaliwungu-Kab. Semarang, Selasa 2 januari 2018. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan bersama Perpustakaan Ngudi Ilmu Desa Mukiran Kecamatan Kaliwungu mengadakan kegiatan “Belajar bersama aplikasi INLISlite”, Kegiatan yang berlokasi di perpusdes Ngudi Ilmu mukiran ini juga mengundang beberapa perpustakaan desa dari sekitar Kaliwungu. Di kesempatan ini yang hadir pengelola perpustakaan desa dari Desa Siwal, Desa Kaliwungu, Dan Desa Kenteng Kecamatan Susukan.

       Materi utama adalah instalasi Aplikasi INLISlite dan pengantar perkenalan aplikasi. Tujuan diadakan kegiatan ini untuk mengmbangkan perpustakaan desa, terutama desa yang menjadi replikasi program perpuseru agar mampu memnjadi pengungkit semangat bagi perpusdes yang lain.  

       “Kedepan, harapan kami semua perpusdes mengaplikasikan automasi dengan inlis sehingga akan terbentuk jaringan informasi di perpustakaan dengan Perpusda sebagai pusat data base melalui aplikasi INLISlite ini”, jelas Bapak Didik Ariyanto Staf TI yang menjadi instruktur belajar bersama ini.

      “Dinas Perpustakaan dan Kearsipan membuka peluang bagi perpusdes lain yang berminat untuk mengaplikasikan INLISlite ini untuk pengelolaan perpustakaan masing – masing dengan cara Belajar bersama seperti ini”, jelas Ibu Hendy Lestari, Kepala Dinas. “Salah solusi kami mengatasi kendala namun tetap berupaya agar perpusdes senantiasa mengikuti perkembangan TI”, tambah beliau. Salam Pintar (bambang)

      Ambarawa,Rabu - 20 Desember 2017. Unit Pelayanan Perpustakaan Ambarawa yang merupakan Cabang Layanan Perpustakaan dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Semarang yang berlokasi di Jl. Mgr. Sugiyopranoto 13 Ambarawa ini kedatangan rombongan siswa dan guru pendamping dari SDN Panjang 03

    "Kunjungan ini bertujuan untuk mengisi kegiatan yang positif, setelah jeda test semesteran. Agar anak-anak terbiasa membaca", jelas Ibu Anastasia Guru Kelas Yang Mendampingi para siswa.

     "Para siswa dibebaskan membaca buku apa saja, kemudian nantinya mereka bercerita didepan kelas buku yang dibaca", tambah Bapak Acep Bapak Guru yang turut mendampingi kegiatan PLS ini.

        Sementara itu, Bapak Rifai staf perpustakaan yang biasa bertugas di Unit Pelayanan Perpustakaan Ambarawa menyampaikan bahwa, "para siswa SDN Panjang 03 Ambarawa sering ke perpustakaan, juga minat bacanya lumayan baik", jelas beliau. Dalam kesempatan ini, para siswa yang berminat juga melengkapi syarat untuk menjadi anggota perpustakaan. Salam Pintar (Bambang)

       Ungaran, 19-20 Desember 2017. Kali ini  Dinas Kearsipan dan Perpustakaan dalam rangka Hari Ibu, berkesempatan menghadirkan Juara Dongeng Kegiatan Literasi 2017 Kabupaten Semarang, Kak Abbad dari SDN Bergas Lor 1, Selama 2 Hari, dengan peserta dari  TK Islam Nurul huda Leyangan Ungaran dan PAUD Sore Bina Cendikia Pudakpayung.

    Selama dua hari berturut-turut, Kak Abbad bercerita mengenai dongeng Donau Toba, dimana pesan yang disampaikan salah satunya adalah menghormati orang tua terutama Ibu. Setelah mendengarkan cerita kurang lebih 15 menit, kemudian anak-anak dan para orang tua membaca bersama di ruang baca anak lantai 2.

       "Dongeng sendiri adalah salah satu metode pengenalan membaca buku sejak dini. Apabila orang terbiasa mendongengkan cerita dari buku sebelum tidur, banyak kajian yang membuktikan anak tersebut akan memiliki budaya baca yang tinggi dan dapat mmbangun komunikasi psikologis anak dan orang tua" jelas Ibu Natalia Ardi Kasi Pelayanan Perpustakaan. (Salam seru-Bambang)

 

Roadshow Kepenulisan Mukiran       Sabtu, 16 Desember 2017. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Semarang dalam usaha membumikan budaya membaca sekaligus menulis, menyelenggarakan Kegiatan Roadshow Kepenulisan 2017 yang berlokasi di beberapa perpustakaan masyarakat. Kegiatan yang bekerjasama dengan para pegiat literasi Kabupaten Semarang ini, menggandeng Ibu Tirta Nursari sebagai narasumber. Pengalaman sebagai Jurnalis, Penyiar Radio dan founder Warung Pasinaon sekaligus pekerja sosial ini menjadi nilai lebih kegiatan ini, selain pelatihan menulis beliau juga memotivasi para pegiat literasi di Kabupaten Semarang.

      Roadshow Kepenulisan ini dimaksudkan untuk menghidupkan perpustakaan masyarakat yang tersebar di wilayah Kabupaten Semarang dengan melibatkan masyarakat. Kali kedelapan, Roadshow Kepenulisan diadakan di Perpustakaan Ngudi Ilmu, Desa Mukiran Kecamatan Kaliwungu, dengan peserta para anak-anak usia SD/MI kelas 4-6.  “Kami mengirimkan undangan melalu beberapa sekolah sekitar”, jelas Ibu Daryati, Pengelola Perpusdes

        “Untuk menulis harus semangat dan terus berlatih", jelas Ibu Tirta mengawali pelatihan. Selain diberikan bagaimana menulis yang baik, unsur – unsur tulisan. Siswa juga langsung praktek menulis.

       Diakhir sesi, para siswa berkesempatan membacakan cerita di depan. Salah seorang peserta, Lulu mendapatkan apresiasi tinggi dari Bu Tirta. Sebagai reward atas usaha belajar menulis, beberapa siswa yang bercerita didepan mendapatkan merchandise dari perpustakaan. (Salam Literasi-Salam Seru. Bambang)

Pengunjung Online

53527
Hari iniHari ini15
KemarinKemarin65
Minggu iniMinggu ini620
Bulan iniBulan ini2058
Total PengunjungTotal Pengunjung53527

WEB LINK